Puluhan TKI Terjangkit HIV/AIDS

Puluhan TKI Terjangkit HIV/AIDS
Puluhan TKI Terjangkit HIV/AIDS
CILACAP - Penularan HIV/AIDS di kalangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri tergolong tinggi. Dari 236 kasus HIV/AIDS yang terdeteksi di Kabupaten Cilacap hingga September 2010, sebanyak 56 orang diantaranya adalah TKI atau mantan TKI.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Cilacap Sardjono SH mengatakan tahun 2010 ini Cilacap menduduki peringkat ke empat kasus HIV/AIDS di Jawa Tengah dengan total 236 kasus. Perinciannya, 42 kasus HIV baru dan 179 merupakan akumulasi HIV sejak 1997, lima orang sudah masuk stadium AIDS dan 57 akumulasi AIDS sejak 2003. Dari jumlah tersebut 33 orang telah meninggal dunia.

Ia mengatakan golongan beresiko tinggi terserang HIV/AIDS tidak lagi pekerja seks komersial dan pecandu narkoba semata, saat ini merambah TKI yang bekerja di luar negeri. Sebab dari 236 kasus tersebut 56 diantaranya diderita TKI atau mantan TKI.

"Persoalan kemudian adalah para TKI ini saat pulang ke rumah kembali ke keluarga mereka. Sehingga berisiko menularkan ke suami atau istri mereka. Dan jika mengandung tentu ke janin yang dikandungnya," ujarnya seperti diberitakan Radar Banyumas (Grup JPNN), Kamis (2/12).

CILACAP - Penularan HIV/AIDS di kalangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri tergolong tinggi. Dari 236 kasus HIV/AIDS yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News