Puluhan Warga Jadi Korban Investasi Bodong

Puluhan Warga Jadi Korban Investasi Bodong
Puluhan Warga Jadi Korban Investasi Bodong

jpnn.com - MOJOKERTO - Puluhan warga Lingkungan Panggreman, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, menjadi korban penipuan yang bermodus investasi. Warga tergiur iming-iming pelaku dengan janji keuntungan yang besar. Akibatnya, warga rugi hingga ratusan juta rupiah.

Pelakunya adalah pasangan suami istri Rozikin, 29, dan Anik, 40. Mereka merupakan warga lingkungan Panggreman Lapangan I Gang Buntu. Kedua pelaku menghilang dari rumah sejak sepekan lalu.

Sejumlah warga mengungkapkan, aksi pasutri tersebut cukup rapi. Selama tiga tahun berlangsung, aksi pelaku baru terlihat belangnya sejak sepekan terakhir. ''Karena janjinya akan cair sebelum Lebaran,'' ujar Tamin, warga setempat.

Setelah ditagih ke rumah pelaku, keduanya selalu memberikan janji-janji tidak jelas. Bahkan, sejak sepekan terakhir, mereka kabur. Warga akhirnya melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Prajurit Kulon untuk ditindaklanjuti.

Tamin yang juga ketua RT/RW 3 itu menambahkan, di lingkungan yang hanya terdapat 80 kepala keluarga (KK) tersebut, 50 persen warga terdata menjadi korban. Besarannya pun bervariasi. Yakni, mulai Rp 500 ribu hingga Rp 85 juta. "Di lingkungan sini saja, kerugian sudah mencapai Rp 400 jutaan," tuturnya.

Keblingernya warga terhadap aksi pasutri tersebut tidak lain karena logika berpikir keduanya cukup rasional. Misalnya, dana milik korban diputar dan dipakai untuk menjalankan roda bisnis. Mulai bisnis pembelian mesin air conditioner (AC) hingga bisnis jual beli telepon seluler.

Warga yang berkali-kali mendengar tawaran bisnis dengan keuntungan sangat besar tersebut mencoba "membeli saham". Mulai Rp 500 ribu hingga Rp 80 jutaan. "Dengan harapan, uang bisa berkembang dalam waktu cepat," ujar warga lain.

Tawaran yang diajukan pelaku cukup menggiurkan. Uang Rp 5 juta yang ditanam selama dua pekan saja bisa bertambah sebesar Rp 500 ribu. Keuntungan akan semakin cepat jika modal yang diberikan lebih besar.

MOJOKERTO - Puluhan warga Lingkungan Panggreman, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, menjadi korban penipuan yang bermodus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News