Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Selasa Dini Hari

Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Selasa Dini Hari
Kakorlantas Irjen Agung Budi Maryoto saat menyapa pengemudi di gerbang tol Cikarang Utama, Senin (12/9) malam. Foto: Humas Polri

jpnn.com - JAKARTA - Korps Lalu Lintas Polri terus memantau perkembangan arus balik ke Jakarta pada musim liburan Iduladha. Berdasarkan pantauan terakhir, Senin (12/9) malam, jumlah kendaraan yang melewati gerbang Tol Cikarang Utama sebagai pintu masuk ke Jakarta belum mencapai 50.000 unit.

"Di Cikarang Utama memang mengantre, tapi tidak sampai satu kilometer saya kira hanya 300 meter saja," kata Kakorlantas Irjen Agung Budi Maryoto di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat.

Ia memprediksi gelombang besar kendaraan yang menuju Jakarta masih dalam perjalanan. Karenanya Agung terus memantau Gerbang Tol Cikarang Utama.

Agung juga mengatakan, bila kepadatan di gerbang tol mengular hingga lima kilometer maka tol langsung digratiskan untuk melancarkan arus. "Tapi saya prediksi tidak sampai lima kilometer karena gate tol buka semua,” katanya.

Dalam perkiraan Korlantas, puncak arus balik akan terjadi pada Selasa (13/9) dini hari sekitar pukul 00.00 hingga 01.00. “Kita tunggu 2-3 jam ke depan. Puncak arus balik bisa sampai tengah 12 hingga jam satu dini hari," sambung dia.

Agung menambahkan, larangan truk masuk sudah tidak diberlakukan. Tapi hal itu tergantung dari dinas perhubungan daerah masing-masing.

"Kalau ada muatan lebih dari dua sumbu bila dirasa mengganggu akan dilarang. Tapi saya sudah koordinasi dengan dinas perhubungan setempat sementara diberhentikan saja, itu bukan kewenangan kami, tapi kalau enggak mengganggu ya silahkan saja," ucapnya.(elf/JPG)


JAKARTA - Korps Lalu Lintas Polri terus memantau perkembangan arus balik ke Jakarta pada musim liburan Iduladha. Berdasarkan pantauan terakhir, Senin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News