Puncak Mangunan, Panorama Eksotis dari Lahan Kritis

Puncak Mangunan, Panorama Eksotis dari Lahan Kritis
Pengunjung menikmati pemandangan dari puncak Mangunan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Foto: M Sukron Fitriansyah/JPNN.com.

jpnn.com - Destinasi wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bukan hanya Pantai Parangtritis. Ada pula Kebun Buah Mangunan yang menyuguhkan pemandangan eksotis buah dari ketekunan mengubah lahan kritis.

Laporan M Sukron Fitriansyah, Yogyakarta

LANGIT Yogyakarta masih tampak gelap saat subuh. Jalanan menuju Kebun Buah Mangunan terlihat lengang.

Destinasi yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, itu berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Jogja. Jalanan sempit dengan banyak kelokan dan jalur menanjak menuju Mangunan harus dilalui pengunjung yang memilih rute melalui Jalan Wonosari.

Makin jauh dari jalan besar, suasana kian sepi. Di kanan dan kiri jalan hanya terlihat pepohonan menjulang tinggi.

Begitulah sekilas gambaran rute perjalanan menuju Kebun Buah Mangunan. Namun, suasana riuh sudah tampak di pintu masuk Kebun Buah Mangunan meski hari baru pukul 05.00 pagi.

Saat masih pagi buta, biasanya sudah banyak pengunjung mengantre di pintu masuk Kebun Buah Mangunan. Semua pelancong itu ingin menyaksikan sunrise.

Memang pesona Mangunan sudah kondang. Media sosial turut melambungkan nama dan daya tarik destinasi yang memiliki banyak spot untuk foto itu.

Destinasi wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bukan hanya Pantai Parangtritis. Ada pula Kebun Buah Mangunan yang menyuguhkan pemandangan eksotis buah dari ketekunan mengubah lahan kritis.