Puncak Musim Hujan Diprediksi Akhir Januari

Puncak Musim Hujan Diprediksi Akhir Januari
ILUSTRASI. FOTO: Radar Semarang/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi puncak musim penghujan akan terjadi akhir Januari hingga Februari 2016. BMKG memastikan bahwa saat ini 90 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan.

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Publik Mulyono Rahadi Prabowo, saat ini El Nino masih berlangsung namun kondisinya sudah semakin meluruh dan kembali ke netral hingga Maret sampai dengan April 2016.

Ia mengatakan, saat ini diprediksi akan bepotensi terjadinya La Nina yang berdampak pada meningkatnya curah hujan. “Terutama  di wilayah Indonesia bagian Selatan Ekuator,” ujar Prabowo, Sabtu (23/1) di Jakarta.

Ia menjelaskan, La-Nina menyebabkan terjadinya kenaikan curah hujan pada periode Juli, Agustus, dan September.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG Nurhayati menjelaskan, potensi hujan lebat di Indonesia diperkirakan akan semakin meningkat pada akhir Januari hingga Februari 2016. Semua ditandakan dengan aktifnya monsoon dingin Asia yang disertai dengan seruakan dingin, fase Madden Julian Oscillation (MJO) yang menunjukkan fase basah di wilayah maritim kontinen (Indonesia), Indian Ocean Dipole yang bernilai negatif serta potensi daerah Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) yang akan semakin menguat.

Monsoon dingin Asia yang akan memicu terjadi pertumbuhan awan hujan akan menguat dalam satu minggu kedepan . “Terutama di sekitar Sumatera dan Bagian Barat Kalimantan," kata Nurhayati lagi.

Menurut dia, kondisi tersebut akan mengakibatkan potensi hujan lebat tak hanya di sekitar Sumatera dan Bagian Barat Kalimantan. Namun juga berpotensi di Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali, NTB, Sulawesi Tengah dan Selatan, Maluku bagian tengah dan Papua bagian Tengah.

Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BMKG Wahju Adji H mengatakan, berdasarkan perkembangan curah musim hujan, diyakini akan membawa dampak dari puncak musim penghujan itu sendiri.  Karenanya, kata dia, perlu ditingkatkannya kewaspadaan akan terjadinya potensi banjir dan longsor.

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi puncak musim penghujan akan terjadi akhir Januari hingga Februari 2016. BMKG

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News