Puntung Rokok Bermanfaat untuk Cegah Karat

Puntung Rokok Bermanfaat untuk Cegah Karat
Foto : Blastmagazine.Com
BEIJING - Ilmuwan China mengklaim telah menemukan manfaat puntung rokok. Ratusan ribu bahkan jutaan puntung rokok yang banyak berserak di jalanan maupun tempat publik lainnya, bisa digunakan lagi untuk melindungi baja dari karat.

Selama ini, ceceran puntung rokok menjadi sampah yang berbahaya karena cairan kimia di dalamnya dapat merusak lingkungan, bahkan mematikan bagi ikan-ikan. Namun kini, persoalan tentang puntung rokok itu terpecahkan karena ternyata ada manfaatnya.

Ilmuwan dari Xi"an Jiaotong University, Dr Jun Zhao, menyatakan bahwa saat orang-orang berjalan di jalanan, biasanya melihat puntung rokok berceceran. "Saya merasa ini cukup signifikan untuk melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan perlindungan lingkungan," ujarnya seperti dikutip Associated Press, Jumat (14/5).

Alhasil, sebuah studi pun dilakukan di China, di mana 30 persen penghisap rokok dunia ada di negeri komunis itu. Jumlah perokok di China hampir sepadan dengan jumlah total penduduk Amerika Serikat. Selain itu, China memang pasar tujuan bagi produsen rokok.

BEIJING - Ilmuwan China mengklaim telah menemukan manfaat puntung rokok. Ratusan ribu bahkan jutaan puntung rokok yang banyak berserak di jalanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News