Punya Branding Integritas, Mahfud MD Berpotensi Dampingi Ganjar Kerek Elektabilitas

Punya Branding Integritas, Mahfud MD Berpotensi Dampingi Ganjar Kerek Elektabilitas
Bakal capres Ganjar Pranowo menikmati kopi bersama Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Instagram @ganjar_pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Saidiman Ahmad mengomentari menguatnya nama Mahfud MD sebagai salah satu figur bakal cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Peneliti di Saiful Mujani Reserarch and Consulting atau SMRC itu menilai Mahfud yang dikenal memiliki integritas berpotensi mendongkrak elektabilitas Ganjar Pranowo.

Branding (merek) integritas ini penting karena salah satu kualitas personal yang dianggap paling penting oleh masyarakat untuk seorang pemimpin nasional ialah integritas,” kata Saidiman di Jakarta, Minggu (24/9).

Alumnus Crawford School of Public Policy, Australian National University (ANU), itu menyebut integritas Mahfud tecermin dari rekam jejaknya sebagai sosok yang bersih dan berani.

Selain itu, Mahfud juga dikenal sebagai sosok nahdiyin. Saidiman menjelaskan Nahdlatul Ulama (NU) merupakan faktor penting di pilpres.

Lebih lanjut Saidiman mengatakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai parpol pengusung Ganjar memiliki sejarah tentang memilih cawapres dari kalangan nahdiyin.

Misalnya, PDIP memilih K.H. Hasyim Muzadi sebagai cawapres pendamping Megawati Soekarnoputri di Pilpres 2004.

Pun pada 2018, PDIP memilih K.H. Ma’ruf Amin yang saat itu sebagai rais am NU untuk menjadi pendamping Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019.

Peneliti di Saiful Mujani Reserarch and Consulting (SMRC) menilai Mahfud MD merupakan tokoh nahdiyin populer yang bisa mendongkrak elektabilitas Ganjar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News