Pupuk Kaltim Operasikan House of Future

Pupuk Kaltim Operasikan House of Future
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mulai mengoperasikan House of Future (HoF) pada Kamis (7/12). Foto dok PKT

jpnn.com, JAKARTA - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mulai mengoperasikan House of Future (HoF) pada Kamis (7/12), sebagai sarana bagi karyawan untuk peningkatan keterampilan dan kompetensi guna mendukung kinerja melalui adopsi teknologi digital.

Ketua Tim Pengembangan House of Future Ardi Harto Mulyo, mengungkapkan fasilitas ini ditujukan untuk peningkatan kompetensi karyawan, khususnya operator yang berkaitan langsung dengan aktivitas produksi.

House of Future menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dan Operator Training Simulator (OTS), yang bisa dimanfaatkan karyawan untuk mensimulasikan seluruh tahapan proses produksi, termasuk problem operasional dan langkah penanganannya.

Dari fasilitas ini kompetensi karyawan akan semakin terasah, serta memahami secara fasih pengoperasian peralatan sesuai standar.

"House of Future sebagai upaya Pupuk Kaltim menjamin ketercapaian standar kompetensi karyawan, khususnya di bidang operasi. Namun begitu implementasinya sangat luas, dan kedepannya akan bermanfaat bagi seluruh karyawan dengan beragam job profile," ujar Ardi.

Menurut Ardi, House of Future akan menjadi pusat pelatihan digital dan tempat belajar bagi karyawan, dengan fasilitas kompetensi pabrik ammonia dan urea tercanggih di Bontang bahkan Pupuk Indonesia Grup.

Terlebih, di era industri masa kini, berbagai tantangan pun menuntut karyawan untuk lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Pada fasilitas OTS berbasis Virtual Reality, peserta dapat memahami standar operasional pabrik melalui sudut pandang panel operator di control room maupun field operator di lapangan, karena simulasi virtual dibuat persis menyerupai pabrik ammonia dan urea sebenarnya.

House of Future sebagai upaya Pupuk Kaltim menjamin ketercapaian standar kompetensi karyawan, khususnya di bidang operasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News