Purwokerto : Dishub Cek Kesiapan Jalan

Purwokerto : Dishub Cek Kesiapan Jalan
Purwokerto : Dishub Cek Kesiapan Jalan
PURWOKERTO-Kendaraan angkutan umum yang digunakan untuk melayani masyarakat selama arus mudik maupun balik harus dalam kondisi layak. Untuk memastikan hal tersebut, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) pun akan mengadakan uji kelaikan angkutan lebaran di Terminal Purwokerto.

   

Ditargetkan sebelum H-7, pemeriksaan angkutan lebaran sudah selesai dilakukan. "Sebelum H-7 sekitar empat hari, kami akan turun ke terminal," kata Kabid Teknik Dinhubkominfo Otok Sugiharto. Uji kir tersebut dilakukan pada bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP) dan bus dalam kota yang menempuh rute jauh. Uji kelayakan dilakukan dengan sangat ketat, dalam hal ini pemeriksaan secara intensif pada bus-bus yang melayani masyarakat.

   

Selain kondisi fisik kendaraan, kelengkapan surat jalan juga menjadi sasaran pemeriksaan petugas Dinhubkominfo. Otok mencontohkan, bus tak layak jalan itu kondisinya antara lain asap kendaraan, kondisi ban, wiper atau pembersih kaca depan kendaraan, lampu sein, klakson, rem tidak berfungsi optimal, dan pada bagian setir terasa kocak serta kerusakan lainnya yang dapat membahayakan penumpang maupun pengguna jalan.

   

Jika setelah uji kir masih ada kendaraan yang belum diperbaiki, mereka akan diberi peringatan. Namun jika setelah mendapat peringatan kondisinya belum berubah, kendaraan tidak kami izinkan beroperasi. Dari pengalaman tahun lalu, masih ada beberapa kendaraan yang tidak layak operasional sebagai angkutan lebaran.

   

PURWOKERTO-Kendaraan angkutan umum yang digunakan untuk melayani masyarakat selama arus mudik maupun balik harus dalam kondisi layak. Untuk memastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News