Pusdok Sastra HB Jassin Kurang Dana

Pusdok Sastra HB Jassin Kurang Dana
Pusdok Sastra HB Jassin Kurang Dana
JAKARTA - Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin terancam tidak bisa berkembang. Pasalnya, dana subsidi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta turun drastis. Koleksi dan dokumen-dokumen sastra sejak masa sebelum kemerdekaan terancam tak terawat.

"Selama ini dana operasional kami berasal dari bantuan masyarakat dan subsidi pemerintah. Tapi, angkanya terus turun," kata Ketua Perpustakaan PDS HB Jassin Endo Senggono di Jakarta kemarin (19/3).

Subsidi dari Pemprov DKI Jakarta, kata Endo, tidak pasti. Biasanya antara Rp 300 juta-Rp 250 juta. Namun, jumlah duit subsidi itu terus menurun dari tahun ke tahun. Pada 2006 mereka sempat mendapat kucuran dana Rp 500 juta. Tapi, angka itu turun menjadi Rp 350 juta pada 2008.

Tahun ini, kata Endo, jumlah dana belum jelas. Namun, dia mendapat informasi bahwa pihaknya hanya akan mendapat Rp 50 juta. Padahal, dengan dana Rp 300 juta per tahun saja hanya cukup untuk operasional, minus pengadaan. "Tapi Rp 50 juta itu saya dengar masih dari satu pos pembiayaan. Untuk pos yang lain, saya belum dengar," katanya.

JAKARTA - Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin terancam tidak bisa berkembang. Pasalnya, dana subsidi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News