Pushidrosal Mencanangkan Gerakan Bersih Narkoba

Pushidrosal Mencanangkan Gerakan Bersih Narkoba
Dirpamkersamtas Pushidrosal Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono mengawasi pelaksanaan tes urine. Foto: Humas Pushidrosal

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) merespons cepat program pemerintah yang menginginkan Indonesia bebas dari penyalahgunaan Narkotika dan obat-obat berbahaya (Narkoba). Sebagai bentuk dukungan agar Indonesia Bersih Narkoba (Indonesia Bersinar) maka Pushidrosal mengadakan cek urine mendadak kepada seluruh prajurit dan ASN, di Mako Pushidrosal, Selasa (2/1).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud peran aktif Pushidrosal atas maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di masyarakat akhir-akhir. Selain itu, untuk mewujudkan aparatur negara bebas narkoba dengan mencanangkan Gerakan Bersih Narkoba di jajaran Pushidrosal.

Pelaksanaan pengambilan sampel urine diawali oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, diikuti oleh semua pejabat teras. Selanjutnya, seluruh personel Mako Pushidrosal berjumlah 850 orang.

Menurut Kapushidrosal, tes urine mendadak ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari narkoba. Pasalnya, jika personel mengonsumsi narkoba akan menjadi kontraproduktif dan menurunkan kinerja Pushidrosal secara keseluruhan.

Terhadap personel yang dari sampel urinenya ketahuan mengonsumsi narkoba, orang nomor satu di jajaran Pushidrosal ini akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. Termasuk Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dari dinas keprajuritan.

“Tidak ada ampun untuk penyalahgunaan narkoba bagi prajurit, apalagi sebagai pengedar,” tegasnya seperti dilansir dalam siaran pers Kadisinfolahta, Kolonel Laut (E) H.A. Danang Rimbawa.(fri/jpnn)


Tes urine mendadak ini dilakukan untuk menciptakan lingkungan kerja yang bebas dari narkoba. Jika personel mengonsumsi narkoba akan menjadi kontraproduktif.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News