Pusinggg..Operasi Pasar, Harga Masih Tinggi

Pusinggg..Operasi Pasar, Harga Masih Tinggi
Operasi pasar. Foto: dok.JPNN

SURABAYA - Operasi pasar yang dilakukan pemerintah provinsi Jatim  selama lima hari terakhir belum juga menunjukkan hasil memuaskan. Sampai kemarin, harga sembako masih melejit tinggi. Termasuk harga bawang merah dan bawang putih.

Berdasar pantauan Jawa Pos di Pasar Wonokromo kemarin, harga bawang putih mencapai Rp 36 ribu per kilogram. Bawang merah Rp 35 ribu per kilogram. ''Makin dekat Lebaran, harga naik semua,'' kata Sumarni, penjual bawang. Menurut dia, kenaikan harga bawang terjadi beberapa hari lalu. Harga dari produsen naik sehingga dia juga harus menaikkan harga jual.

Sumarni mengakui, bawang termasuk komoditas yang harganya naik cukup signifikan dibandingkan harga pangan lainnya. Pada hari biasa, Sumarni menjual bawang putih Rp 30 ribu-Rp 31 ribu per kilogram. Dengan harga segitu, dia mendapat keuntungan sekitar Rp 3 ribu. ''Tidak beda jauh dengan harga bawang merah,'' tuturnya. Dia juga mengakui bahwa para pembeli sering mengeluh akibat kenaikan harga tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Surabaya Widodo Suryantoro menjelaskan, pemkot sudah berupaya mengembalikan harga sembako ke level normal. Khusus bawang, pemkot bekerja sama dengan Bulog Jatim untuk menekan harga. ''Karena produksi memang tidak ada di Surabaya. Semuanya dari luar Surabaya,'' jelas Widodo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News