Puting Beliung Menerjang Bondowoso, 202 Rumah Terdampak

Puting Beliung Menerjang Bondowoso, 202 Rumah Terdampak
Petugas TNI, Polri, dan pemerintah daerah bergotong royong membantu warga yang rumahnya diterjang puting beliung di wilayah Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, Jumat (18/1/2024). (ANTARA/Novi Husdinariyanto)

jpnn.com - BONDOWOSO - Angin puting beliung menerjang Desa Walidono dan Cangkring, di Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (18/1) sore.

Berdasar data terkini Satuan Tugas Komando Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Bondowoso, jumlah rumah warga yang terdampak angin puting beliung di wilayah Kecamatan Prajekan bertambah menjadi 202 unit.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso sebelumnya menyampaikan bahwa puting beliung yang pada Kamis (18/1) sore menerjang Desa Walidono dan Cangkring di Kecamatan Prajekan berdampak pada 190 rumah warga.

"Hingga siang ini hasil asesmen petugas di lapangan rumah terdampak angin puting beliung bertambah menjadi 202 rumah," kata Komandan Satuan Tugas Komando Penanggulangan Bencana Alam Kabupaten Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta kepada wartawan di Bondowoso, Jumat (19/1).

Di antara 202 rumah, dia mengatakan, ada 15 rumah yang rusak berat dan dua rumah yang menjadi rata dengan tanah karena diterjang angin puting beliung.

Selain menyebabkan kerusakan rumah dan fasilitas umum, puting beliung juga mengakibatkan 11 orang terluka karena tertimpa reruntuhan atap rumah dan kayu yang terbawa pusaran angin.

"Korban luka berat dua orang, sedang dirawat di Puskesmas Prajekan, selain itu ada empat korban luka sedang dan lima korban lainnya mengalami luka ringan," kata Suhendra, yang juga Komandan Distrik Militer 0822/Bondowoso.

Dia menyampaikan bahwa personel BPBD, TNI, Polri, Dinas Sosial, dan Taruna Siaga Bencana sudah turun membantu warga membersihkan lingkungan permukiman yang terdampak puting beliung.

202 rumah terdampak akibat diterjang angin puting beliung di Desa Walidono dan Cangkring, di Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News