Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Rancaekek

Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Rancaekek
Puting beliung menerjang Rancaekek Bandung. Foto: diambil dari Radar Bogor

jpnn.com, RANCAEKEK - Bencana puting beliung melanda Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/1) pukul 15.15 WIB. Puting beliung menyebabkan rumah penduduk rusak, dan sejumlah pohon tumbang.

Berdasar data sementara yang berhasil dihimpun BPBD Kabupaten Bandung, satu orang luka berat, 15 orang luka ringan, 15 rumah rusak berat, 71 ringan. Lebih dari 300 rumah rusak belum dikelompokkan tingkat kerusakannya.

"Diperkirakan jumlah kerusakan rumah dan bangunan bertambah karena pendataan masih berlangsung," kata Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (11/1).

Daerah yang mengalami kerusakan antara lain Perum Rancaekek Kencana, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, dan beberapa perumahan lain. "Atap rumah banyak yang diterbangkan oleh puting beliung," katanya.

Pagi sebelum kejadian, cuaca cerah. Siang hari awan-awan banyak terbentuk. Menuru Sutopo, terdapat awan cumulonimbus yang menutup daerah di Rancaekek dan sekitarnya. Langit terlihat mendung dan cuaca gerah atau sumug. Menjelang sore kemudian bertiup angin yang semakin lama kian kencang disertai hujan berintensitas sedang hingga tinggi. "Puting beliung terlihat di langit sesaat," ujarnya.

BPBD Kabupaten Bandung saat ini masih melakukan pendataan. Pemasangan tenda pengungsi oleh TNI dan Brimob Polda Jabar didirikan untuk menampung sebagian masyarakat yang mengungsi. Tagana, BPBD dan relawab membantu pengungsi. Kondisi listrik masih padam.

"Kebutuhan mendesak saat ini adalah tenda pengungsi sementara, terpal, alat penerangan, bahan makanan dan air bersih," ungkapnya. (boy/jpnn)


Bencana puting beliung melanda Rancaekek. Ratusan rumah rusak akibat bencana alam tersebut


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News