Putu Rudana Mendorong Kerja Sama RI - Morwegia soal Transisi Energi

Putu Rudana Mendorong Kerja Sama RI - Morwegia soal Transisi Energi
Ketua Desk Kerja Sama Regional BKSAP DPR RI, Putu Supadma Rudana bersama delegasi Norwegia yang jadi negara observer pada sidang umum AIPA di Jakarta, Selasa (8/8/2023). Foto: BKSAP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Desk Kerja Sama Regional Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Putu Supadma Rudana mendorong adanya kerja sama Indonesia dengan Norwegia soal transisi energi.

Dia menyebut Norwegia memiliki keunggulan dalam hal transisi energi dengan mengembangkan energi baru terbarukan (EBT).

"Norwegia menggunakan energi tenaga air atau hydro,” kata Putu di Jakarta, Selasa (8/8).

Norwegia merupakan satu dari 18 negara observer dalam Sidang Umum ke-44 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) yang dibuka Presiden Jokowi pada Senin (7/8) kemarin.

Putu pun mendorong perlunya kerja sama RI dengan Norwegia soal transisi energi, karena Indonesia juga berkomitmen terhadap pencapaian SDG’s agenda 2030.

"Kita ingin negara seperti Norwegia betul-betul punya komitmen yang sama. Mereka punya kemampuan yang lebih dari kita. Mereka sudah sangat mengimplementasikan transisi energi. Kita akan mengadakan kerja sama," tuturnya.

Menurut legislator asal Bali itu, parlemen bisa menjadi jembatan yang luar biasa untuk menghubungkan antara Indonesia dan Norwegia dalam mewujudkan transisi energi baru terbarukan (EBT).

"Parlemen menjadi jembatan untuk menghubungkan kedua negara, dalam hal ini pemerintahanya menuju transisi energi," ucapnya.

Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana mendorong kerja sama RI - Norwegia soal transisi energi dan sektor lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News