Putu Supadma Dorong Peningkatan Peran Museum di Indonesia

Putu Supadma Dorong Peningkatan Peran Museum di Indonesia
Putu Supadma Rudana. FOTO: Charlie Lopulua/Indopos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa museum di Jakarta, Kamis (12/10).

Salah satunya adalah Museum DPR RI yang berada di Gedung KK DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Sidak itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Museum Sedunia yang jatuh hari ini.

Putu mengatakan, Museum DPR RI memperlihatkan perjalanan sebuah bangsa yang tidak bisa dilepaskan dengan peran rakyat Indonesia dalam menentukan pemimpinnya dan wakilnya.

Anggota Komisi X DPR itu menambahkan, museum tersebut menunjukkan peran, tugas dan fungsi DPR serta MPR sejak awal berdiri.

Menurut dia, peran museum itu sangat besar. Salah satunya untuk mengukuhkan dan meneguhkan empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 45.

“Saya berharap kepada sebagian masyarakat jangan hanya melihat dari satu sisi dan oknumnya, tetapi proses demokrasinya yang penuh nilai sejarah kebangsaan, Sehingga peran positif dan mulia DPR dapat terlihat secara komprehensif dimuseum ini," ujar Putu.

Dia juga menyoroti koleksi Museum DPR yang kurang lengkap. Selain itu, dia menilai perlu ada peningkatan dan konsep yang lebih komprehensif dalam mengelola dan menampilkan sejarah dan perjalanan DPR RI dalam mengawal demokrasi di Indonesia.

Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa museum di Jakarta, Kamis (12/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News