PYCH Bina Anak Muda Papua Untuk Merakit Handphone dan Laptop

PYCH Bina Anak Muda Papua Untuk Merakit Handphone dan Laptop
Papua Youth Creative Hub membina dan mengajarkan pemuda untuk merakit handphone serta laptop. dok Papua Youth Creative Hub.

jpnn.com, JAYAPURA - Kumpulan anak muda di Papua Youth Creative Hub (PYCH) segera meluncurkan brand smartphone dan laptop dengan nama TOP.ID.

Ini menjadi salah satu capaian dari organisasi pemuda Papua Muda Inspiratif (PMI) yang merupakan organisasi kepemudaan Papua binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Salah satu goal dari PYCH adalah membuat inovasi-inovasi baru untuk tanah Papua, yang diusulkan dari anak-anak muda Papua sendiri," ujar Elia Musa Rawar selaku Program Manager Bidang Teknologi PMI pada Selasa (14/3).

Menurut dia, TOP.ID merupakan kependekan dari Torang Papua Indonesia. Dia mengeklaim bahwa ini merupakan brand smartphone dan laptop pertama yang asli rakitan anak Papua.

Pria yang karib disapa Elmus itu mengatakan para perakit smartphone dan laptop TOP.ID adalah anak-anak dari salah satu sekolah menengah kejuruan di Jayapura.

"Sehari-hari mereka memang berbakat dalam bidang elektronik dan komputer juga," ujar Elmus.

Dalam peluncuran brand TOP.ID, Elmus menuturkan saat ini pihaknya tengah berusaha mendaftarkan merek TOP.ID sebagai Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Peluncuran brand TOP.ID sendiri, akan diresmikan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo saat dia datang ke Papua.

Papua Youth Creative Hub (PYCH) melakukan pembinaan kepada anak muda hingga bisa merakit handphone dan laptop.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News