Papua Muda Inspiratif Menggelar Pelatihan Membuat Berbagai Aksesoris

Papua Muda Inspiratif Menggelar Pelatihan Membuat Berbagai Aksesoris
Papua Muda Inspiratif (PMI) menggelar pelatihan membuat berbagai aksesoris menarik di gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Papua. Foto dok PMI

jpnn.com, PAPUA - Papua Muda Inspiratif (PMI) menggelar pelatihan membuat berbagai aksesoris menarik di gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Papua.

Organisasi binaan Badan Intelejen Negara (BIN) itu menggandeng beberapa pelatih profesional asal Bali untuk membimbing anak muda Papua dalam membuat aksesoris.

Salah satu pelatih, Ode Krisna Bhuana mengatakan tujuan pelatihan ini untuk menciptakan aksesoris yang tidak hanya menarik, namun juga berguna.

"Bagaimana membuat kerajinan ini bisa lebih awareables dan useable agar dilirik oleh wisatawan dan teman-teman domestik. Agar ini bisa menjadi UMKM yang berguna, bangkit, dan bisa dijual dengan harga yang lebih low price tapi dengan hight kuality," katanya, Jumat, (10/3).

Beberapa jenis aksesoris tersebut di antaranya kalung, anting, gelang, hingga hiasan kepala. Selain itu, pelatihan tersebut juga mengajarkan teknik memahat kepada para peserta.

"Biasanya di Papua itu (patung) hanya satu warna. Atau dua warna putih dan hitam. Tapi kali ini kami coba buat patung (wujud) suku asli di sini, tapi dengan memakai warna yang berbeda," sebutnya.

Selain pahatan kayu, juga terdapat pahatan kulit kerang. Ode menjelaskan, para peserta diajarkan memahat kerang dengan teknik grafir untuk menghasilkan motif yang indah.

"Kami ciptakan kreasi yang lebih baru, yang kira-kira apakah anak-anak muda di Papua bisa mengembangkan tradisi mereka, dikembangkan menjadi tradisi modern yang bisa menjadi useable dan awareables," jelas Edo.(chi/jpnn)

Berbagai aksesoris menarik dihasilkan anak-anak muda Papua dalam sesi pelatihan yang digelar Papua Muda Inspiratif.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News