Qatar Jajaki Investasi Bidang Pariwisata di Danau Toba

Qatar Jajaki Investasi Bidang Pariwisata di Danau Toba
Danau Toba. Ilustrasi Foto: Metro Siantar/dok.JPNN.com

jpnn.com, SAMOSIR - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Qatar tengah membidik wilayah lain, seperti Danau Toba, Sumatera Utara dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur sebagai tujuan berinvestasi, selain di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Investor Qatar akan mengucurkan dana 500 juta Dolar AS atau sekitar Rp 7 triliun untuk pengembangan wisata halal di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pembangunan proyek tersebut akan dimulai tahun ini. Menurut Luhut, investasi tersebut merupakan investasi awal dan akan terus bertambah dalam beberapa tahun ke depan.

“Mereka ternyata tidak hanya mau di Mandalika, tetapi juga di Labuan Bajo dan Danau Toba. Nilai investasi awal 500 juta dolar AS,” ucap Luhut dalam siaran pers, di Jakarta, Kamis (28/2).

Luhut menyatakan, saat ini rencana investasi yang sedang berjalan adalah di wilayah Mandalika, NTB. Pemerintah, kata Luhut, tengah mengejar perkembangan terbaru dari rencana itu. Selain itu, Luhut juga mengatakan, Qatar masih akan menambah nilai investasinya dari angka 500 juta dolar AS. Ia pun memastikan pemerintah akan memberi kebebasan bagi Qatar untuk memilih investasi yang diinginkan.

Sebab sebelumnya, tambah dia, pemerintah meminta agar investasin yang dilakukan berkaitan dengan hal-hal yang halal. Namun Qatar, kata Luhut, ternyata juga tertarik untuk berinvestasi di luar hal-hal yang halal.

“Kami bebaskan dia, tapi memang kami bilang investasi halal. Tapi mereka malah bilang, boleh gak kami (investasi di hal yang) nggak halal. Kami jadi garuk-garuk kepala,” ucap Luhut.

Ketika ditanya mengenai target realisasinya, Luhut hanya menjawab pendek. Dia memastikan dalam waktu dekat akan segera terwujud. “Rencananya tahun ini sudah harus terwujud,” pungkas dia.(bbs)


Berita Selanjutnya:
Al-Hakeem

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Qatar tengah membidik wilayah lain, seperti Danau Toba, Sumatera Utara dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur sebagai tujuan berinvestasi, selain di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (N


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News