Rabu, Rano Karno Dilantik di Istana

Rabu, Rano Karno Dilantik di Istana
Rano Karno. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan Rano Karno sebagai gubernur definitif Banten, kemungkinan akan dilaksanakan di Istana Negara, Rabu (12/8).

Kemungkinan terbuka setelah Kemendagri secara resmi menerima surat dari DPRD Banten, yang memutuskan meminta Rano Karno dilantik menjadi gubernur defenitif.

"‎Surat dari DPRD Banten sudah kami terima. Kemungkinan (pelantikan,red) Rabu besok," ujar Tjahjo, Senin (10/8).

Tjahjo mengaku belum dapat memastikan karena walau bagaimana pun pelantikan gubernur merupakan kewenangan Presiden. Karena itu pihaknya masih ‎menunggu kabar dari Istana.

"Kami tinggal tunggu kabar dari Presiden untuk bisa di Istana. Kalau Presiden sibuk, bisa di Banten. Mudah-mudahan bisa di Istana sebagaimana gubernur-gubernur yang lain," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, ‎Mahkamah Agung beberapa waktu lalu telah memutuskan untuk menolak kasasi yang diajukan Gubernur Banten non aktif, Ratu Atut Chosiyah. Atas penolakan tersebut, kekuatan hukum terhadap Ratu Atut telah berkekuatan hukum tetap.

Karena itu pemerintah pusat berhak memberhentikannya untuk kemudian mengangkat wakil gubernur yang selama ini menjabat Pelaksana Tugas (Plt) gubernur, menjadi gubernur definitif.(gir/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan Rano Karno sebagai gubernur definitif Banten, kemungkinan akan dilaksanakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News