Rachland: Kita Berhadapan dengan Masalah yang Sangat Serius

Rachland: Kita Berhadapan dengan Masalah yang Sangat Serius
Mahasiswa UI saat menggelar aksi unjuk rasa beberapa waktu lalu. Ilustrasi Foto: dok.JPNN/sam

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik menyoroti upaya peretasan dari pihak tidak dikenal terhadap akun media sosial beberapa pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI). 

Sebab, kata dia, peretasan itu terjadi setelah BEM kampus berjaket almamater kuning itu mengunggah foto Jokowi: The King of Lip Service di Twitter pada Sabtu (26/6).

Menurut Rachland, peretasan bukan asing terjadi setelah adanya pihak yang mengkritik keras pemerintah.

Misalnya terjadi terhadap mahasiswa UGM dan wartawan menyusul kritik kepada pemerintah.

"Kejadian ini bukan lagi kebetulan. Tiap kali ada kontroversi publik yang dipicu kritik warga pada otoritas politik, peretasan selalu dialami oleh pengkritik," tutur Rachland dalam keterangan persnya, Senin (28/6).

Kesimpulannya, kata eks Wasekjen Demokrat itu, tindakan peretasan ini bersifat sistematik dan menjadi bagian dari upaya "mendisiplinkan" warga ke dalam kepatuhan politik. 

"Bila itu benar, kita berhadapan dengan masalah yang sangat serius, yakni upaya represi terhadap kebebasan berpendapat dan menyatakannya, yang dilakukan dengan cara menjajah hak atas privasi warga negara," tutur Rachland.

Menurut dia, peretasan terhadap akun milik pengkritik pemerintah ini tidak boleh dianggap enteng. Siapa siapa, termasuk politikus parpol koalisi pemerintah plus anggota DPR bisa mengalami peretasan.

Politikus Partai Demokrat Rachland Nashidik menanggapi upaya peretasan terhadap akun milik beberapa pengurus BEM UI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News