Racun Mematikan untuk Jong-nam Melebihi 10 Miligram

Racun Mematikan untuk Jong-nam Melebihi 10 Miligram
Kim Jong-nam. Foto: Guardian

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Kesehatan Malaysia memastikan racun VX untuk membunuh Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur berkadar lebih dari 10 miligram. Kadarnya sudah sangat mematikan sehingga kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un itu pun tewas tak lama setelah terkena semprot.

Menteri Keseharan Malaysia Datuk Seri S Subramaniam mengungkapkan, Jong-nam tewas dalam kurun waktu 20 menit setelah disemprot dengan cairan VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) pada 13 Februari lalu sekitar pukul 09.00.

“Hanya butuh sepuluh miligram (VX, red) untuk terserap ke dalam sistem hingga mematikan. Saya menganggap jumlah yang memasukinya lebih dari itu hingga bahan kimia tersebut terserap dengan baik ke dalam kulit,” ujarnya dalam jumpa pers di Institut Manajemen Kesehatan, Bangsar, Kuala Lumpur, Minggu (26/2).

Subramaniam menambahkan, paramedis yang menangani Jong-nam setelah terkena semprotan VX pun kini terus dipantau hingga dua atau tiga minggu ke depan. Sejauh ini tidak satu pun paramedis yang menangani Jong-nam meninjukkan tanda-tanda terpapar VX.

Kami perlu meneliti mereka selama beberapa waktu sebagaimana gejala bica muncul kemudian saat terpapar dalam jumlah kecil,” tuturnya.

Menurut Subramaniam, Direktur Jenderal Kesehatan Datuk Dr Noor Hisham Abdullah telah memerintahkan paramedis yang menangani Jong-nam menjalani pemeriksaan. “Kami akan menindaklanjuti pemeriksaan itu untuk melihat apakah ada reaksi yang tertunda,” tuturnya.

Jong-nam tewas saat dilarikan ke rumah sakit setelah terkena semprotan VX saat berada di ruang tunggu keberangkatan KLIA. Ada dua perempuan yang kini menjadi tersangka pembunuhan atas Jong-nam, yakni Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Thi Huong dari Vietnam.(thestar/ara/jpnn)


Kementerian Kesehatan Malaysia memastikan racun VX untuk membunuh Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur berkadar lebih dari 10 miligram.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News