Racun Siput Laut Bisa Mengobati Diabetes?

Racun Siput Laut Bisa Mengobati Diabetes?
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Insulin yang berasal dari racun siput kerucut laut ternyata bisa menjadi obat diabetes. Para peneliti di University of Utah di AS mengembangkan insulin untuk mengobati diabetes kerucut siput.

"Siput ini telah mengembangkan strategi untuk memukul dan menaklukkan mangsanya dan memiliki hingga 200 senyawa berbeda, salah satunya adalah insulin," kata Helena Safavi-Hemami, asisten profesor di Universitas Utah, seperti dilansir laman India Times, Rabu (27/3).

Insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur gula darah, terdiri dari dua segmen yang disebut rantai A dan B. Cluster B membentuk dimer dan hexamers yang memungkinkan pankreas untuk menyimpan hormon untuk digunakan nanti.

Baca juga: 10 Buah ini Baik untuk Penderita Diabetes

Segmen ini juga diperlukan untuk mengaktifkan reseptor insulin yang memberi sinyal tubuh untuk mengambil gula dari darah. Insulin harus menjalani beberapa konversi ke decluster sebelum bisa menurunkan gula darah.

Seseorang dengan diabetes tipe 1 tidak bisa memproduksi insulin dan memerlukan suntikan setiap hari untuk mengelola gula darahnya.

Baca juga: Ketahuilah, Rutin Konsumsi Telur Bisa Turunkan Risiko Penyakit Ini

Meskipun telah dilakukan penelitian selama beberapa dekade, insulin yang diproduksi terus mengandung rantai B untuk mengaktifkan reseptor untuk menurunkan gula darah, yang bisa menunda efek obat pada 3090 menit.

Insulin yang berasal dari racun siput kerucut laut ternyata bisa menjadi obat diabetes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News