JPNN.com

Pelembap Kulit Bisa Turunkan Risiko Beragam Penyakit?

Rabu, 20 Maret 2019 – 13:26 WIB
Pelembap Kulit Bisa Turunkan Risiko Beragam Penyakit? - JPNN.com

jpnn.com - Kulit merupakan bagian tubuh yang paling luas dan berfungsi sebagai pelindung organ dalam dari bahaya luar. Melihat peran kulit yang besar, para peneliti di University of California San Francisco menyatakan bahwa peradangan kulit dapat terkait dengan berbagai penyakit kronis akibat penuaan.

Kondisi kulit mencerminkan kesehatan Anda

Dijelaskan oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter bahwa kondisi kulit yang kurang lembap atau kering memang mengindikasikan adanya ketidakberesan di dalam tubuh. Apalagi bila kondisi kering pada kulit tersebut hingga membuat kulit seperti mengelupas dan disertai ragam gejala lain yang cukup mengkhawatirkan.

Dua penyakit dalam yang berkaitan dengan kondisi kulit kering yang membutuhkan kelembapan ekstra dari pelembap, yaitu gagal ginjal dan diabetes. Gagal ginjal itu sendiri merupakan tingkatan akhir dari penyakit ginjal. Saat ginjal Anda dikatakan mengalami kegagalan, artinya ginjal sudah tidak dapat berfungsi dengan baik dan memerlukan penanganan khusus, seperti hemodialisis (cuci darah).

Cuci darah sebenarnya bukan bertujuan untuk menyembuhkan gagal ginjal, melainkan menggantikan fungsi ginjal yang telah rusak.

Terapi ini berlangsung seumur hidup dan berfungsi untuk menyaring serta membuang limbah serta air dari dalam darah, layaknya fungsi normal ginjal. Bila orang dengan gagal ginjal tidak melakukan cuci darah secara rutin, maka bisa memengaruhi kondisi kulitnya.

“Saat pasien gagal ginjal terlambat atau lupa melakukan cuci darah, ureum di dalam tubuhnya akan menumpuk sehingga menyebabkan timbulnya kekeringan dan gatal-gatal pada kulit,” jelas dr. Devia.

Meski begitu, keringnya kulit dan gatal-gatal tidak sampai menyerupai alergi (tidak sampai menimbulkan bentol-bentol kemerahan). Dan jika pasien mengaplikasikan losion pelembap di kulitnya, maka gejala kering dan gatal bisa mereda.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy