Racun Tomcat Tidak Mematikan

Racun Tomcat Tidak Mematikan
Racun Tomcat Tidak Mematikan
JAKARTA--Meski disebutkan memiliki racun yang disebut seperti ular kobra, namun racun dari tubuh serangga Tomcat, tidak menyebabkan kematian. Pakar serangga dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hari Sutrisno, mengatakan, racun serangga ini berbeda dengan racun ular berbisa tersebut.

''Racun kumbang ini hanya menyerang bagian kulit. Kalau racun kobra menyerang jaringan syaraf,'' kata Hari.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu terlalu khawatir. Bila terkena cairan tubuh Tomcat, cukup dengan membasuhnya segera menggunakan air hingga bersih. Jika kulit mulai muncul bintik-bintik merah yang panas, segera oleskan salep Hidrokortison atau Betametasone. Anda juga bisa segera konsultasi ke dokter.

Sebelumnya Pakar Entomologi Unsoed, Dr. rer.nat. Imam Widhiono MS mengungkapkan, racun Tomcat tidaklah sebahaya racun ular kobra. Racun hanya dikeluarkan dari tubuh, bila kumbang ini merasa mendapat ancaman. Untuk itu disarankan jangan pernah bersentuhan atau mencoba membunuh Tomcat dengan cara ditepuk.

JAKARTA--Meski disebutkan memiliki racun yang disebut seperti ular kobra, namun racun dari tubuh serangga Tomcat, tidak menyebabkan kematian. Pakar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News