Ragil, Sang Jawara Bahasa Jerman yang Gemar Teknologi

Ragil, Sang Jawara Bahasa Jerman yang Gemar Teknologi
Ragil Fachrul Annas (kiri), jawara Olimpiade Bahasa Jerman didampingi gurunya Asriatull. FOTO: Mesya/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Sekilas, tidak ada yang berbeda dari seorang Ragil Fachrul Annas Muttaqin (16). Berperawakan sedang, dia seperti siswa Sekolah Menengah Atas pada umumnya. Decakan kagum mengalir ketika Ragil memperkenalkan diri.

“Vorstellen, mein Name Ragil Fachrul Annas Muttaqin, Klasse 11 bei SMA Negeri 1 Kepanjen,” ujarnya dalam Bahasa Jerman.

Ragil merupakan salah satu pemenang dari Olimpiade Bahasa Jerman Tingkat Nasional kerja sama Goethe Institute Indonesie, di Jakarta, Rabu (1/2).

Perkenalan siswa kelas XI ini dengan bahasa Jerman berawal dari kekagumannya terhadap perkembangan teknologi di negara federasi ini.

“Dari awal kelas 10, yaitu mulai November 2015. Saya melihat Jerman itu negara teknologi jadi saya tertarik dengan teknologi,” ujarnya.

Dia mengakui untuk mendalami teknologi, lebih dulu harus mempelajari bahasa Jerman.

“Jadi, dengan bahasa, saya bisa belajar banyak lagi. Untuk itu, saya pelajari bahasa Jerman dahulu. Nantinya, kepingin kuliah teknologi di sana,” jelasnya penuh semangat.

Selama mengikuti olimpiade, dari 31 Januari 2017 sampai 1 Februari 2017, siswa dengan pemintaan Sastra ini pun ditemani dengan seorang guru pendamping, yaitu Asriatull Fajriah, guru Bahasa Jerman di SMAN 1 Kepanjen.

Sekilas, tidak ada yang berbeda dari seorang Ragil Fachrul Annas Muttaqin (16). Berperawakan sedang, dia seperti siswa Sekolah Menengah Atas pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News