Raih 3 Emas, 2 Perak, Riau Terbaik Ketiga di Tanah Air

Raih 3 Emas, 2 Perak, Riau Terbaik Ketiga di Tanah Air
Pratama Dirgantara Adiyuda mencoba membidik target pada Kejuaraan Nasional Menembak di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, baru-baru ini. Foto: riaupos/jpg

jpnn.com, PEKANBARU - Atlet-atlet provinsi Riau kembali mencatatkan prestasi dalam olahraga menembak di Tanah Air. Terbaru, para atlet dari daerah ini berhasil meraih juara tiga di Kejuaraan Nasional.

Pada kejuaraan yang berlangsung di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, 23-28 Desember 2018 itu, Riau menggondol tiga medali emas dan dua medali perak.

Hasil itu menempatkan Riau pada urutan ketiga perolehan medali. Riau berada di bawah Jawa Barat dan Jawa Timur, tapi unggul dari. Jawa Barat menjadi juara umum dengan 9 medali emas, 10 perak, dan 9 medali perunggu. Diikuti Jawa Timur sebagai runner-up, dengan merebut 4 medali emas, 2 perak, dan 2 medali perunggu.

Hebatnya, Riau mampu mengungguli DKI Jakarta. Padahal Jakarta dikenal sebagai gudang atlet, karena fasilitas olahraga, terutama menembak, paling lengkap di ibukota. Tapi kali ini, faktanya Jakarta di bawah Riau, dengan meraih 2 emas, 2 perak, dan 2 medali perunggu.

‘’Ini patut kita syukuri. Pembinaan yang kita lakukan beberapa tahun terakhir sudah ada hasilnya. Yang kita turunkan di Kejurnas ini banyak atlet muda yang memang kita latih,’’ kata Ketua Umum Perbakin Riau Deddy Handoko Alimin kepada Riau Pos (Jawa Pos Group), Kamis (29/11).

Pria yang lebih tenar dengan panggilan DH ini berharap, atlet yang sudah mendapatkan prestasi di Kejurnas tidak membanggakan diri. Justru harus berlatih lebih giat. Sebab target sebenarnya adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. ‘’Kita harapkan atlet muda ini juga bisa merebut medali di PON nanti,’’ tuturnya.

Ya, dua dari tiga medali emas Riau dipersembahkan atlet muda. Mereka adalah Pratama Adiyuda Dirgantara dan Salsabila Rabbani. Pratama mendapat medali emas di nomor air rifle youth 10 meter. Sedangkan Salsabila Rabbani merebut emas nomor air pistol youth 10 meter.

Satu medali emas lagi disumbangkan atlet senior Totok Trimartanto dari nomor repid fire. Sebagaimana diketahui, Totok adalah andalan Riau sejak beberapa tahun belakangan. Bahkan ia sudah memberikan medali emas pada dua edisi PON, yakni 2012 di Riau dan 2016 di Jawa Barat.

Atlet-atlet provinsi Riau kembali mencatatkan prestasi dalam olahraga menembak di Tanah Air. Terbaru, atlet dari daerah berhasil meraih juara tiga di Kejurnas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News