Raja Ampat jadi Destinasi Wisata Dunia

Menteri PDT Buka KPDT Expo 2012

Raja Ampat jadi Destinasi Wisata Dunia
Raja Ampat jadi Destinasi Wisata Dunia
RAJA AMPAT - Indonesia segera memiliki wisata bawah laut kelas dunia. Kabupaten Raja Ampat yang memiliki wisata bawah laut yang hebat akan menjadi incaran wisatawan mancanegara dan domestik. Surga bawah laut di perairan Papua ini memiliki kekayaan alam yang indah karena 80 persen spesies laut dunia tumbuh dan hidup di Raja Ampat.

Menteri Pembangunan Daeah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini mengatakan, pihaknya memproyeksikan Raja Ampat dapat menjadi tujuan wisata kelas dunia, sejajar dengan Bali dan Senggigi di Lombok. ’’Karena itu, dari PDT kita akan membantu dalam pengembangan infrastruktur dan mempromosikan wisata Raja Ampat,’’ kata Helmy di sela-sela Pembukaan KPDT Expo 2012 bertajuk ‘’Jelajah Raja Ampat’’ di Pantai Waisei Tercinta (WTC), Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (1/6).

Sejumlah infrastruktur disiapkan untuk memacu pembangunan destinasi andalan Papua tersebut. Di antaranya adalah dengan pembangunan jalan negara lingkar Pulau Waisei (Pulau terbesar di Raja Ampat) dan jalan masuk ke Moselo. Selain itu, lanjut dia, akan dibangun pula bandara lebih besar di Raja Ampat. Saat ini, telah dibangun bandara perintis sepanjang 1.200 meter yang hanya bisa dilalui oleh kapal kecil. Bandara tersebut diresmikan oleh Menteri Perhubungan 9 Mei lalu, bertepatan dengan HUT Raja Ampat ke-9. ’’Kami rencanakan akan dibangun menjadi 2000 meter,’’ ujarnya.

Pembukaan KPDT Expo berlangsung meriah. Dengan diawali melakukan apel Pramuka di halaman kantor Bupati Raja Ampat pada sekitar pukul 09.00 WIT. Rombongan menteri terdiri atas para deputi serta tampak juga ikut di dalam rombongan, anggota komisi V DPR-RI Michael Watimena, ketua Komisi V DPR-RI, serta Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI M Erwin S, dan juga para muspida dan Bupati Raja Ampat Marcus Wanma. Usai mengikuti apel tersebut, rombongan pun menuju ke kawasan pantai WTC guna mengikuti acara pembukaan.

RAJA AMPAT - Indonesia segera memiliki wisata bawah laut kelas dunia. Kabupaten Raja Ampat yang memiliki wisata bawah laut yang hebat akan menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News