Raja Restui Ipar Thaksin Jadi PM

Raja Restui Ipar Thaksin Jadi PM
Raja Restui Ipar Thaksin Jadi PM
BANGKOK - Mantap sudah langkah Somchai Wongsawat sebagai perdana menteri (PM) terpilih Thailand. Sebab, Raja Bhumibol Adulyadej sudah memberikan restu kepada mantan hakim yang juga adik ipar PM terkudeta Thaksin Shinawatra itu.

Hal tersebut disampaikan Ketua Parlemen Chai Chidchob yang telah menemui sang raja di Istana Klai Kangwon, Hua Hin, kemarin. Dilansir Bangkokpost, raja meneken surat perintah kerajaan yang merupakan surat keputusan resmi penunjukan Somchai sebagai PM baru Thailand.

Somchai menantikan keputusan raja itu di kediamannya. Begitu surat keputusan raja ditandatangani, Chai menyerahkannya kepada Somchai. Setelah menerima surat tersebut, Somchai pun bersimpuh penuh hormat di depan foto sang raja yang terpasang di dinding rumahnya. Detik-detik penyerahan surat tersebut diabadikan dan disiarkan secara langsung oleh televisi lokal.

Selang beberapa saat, Somchai menyampaikan pidato pertamanya sebagai PM selama sekitar lima menit.''Kita harus mau berkompromi dan saling memaafkan,'' kata Somchai. Namun, Somchai sama sekali tidak membahas langkah apa yang akan diambil pemerintahnya untuk mengatasi para demonstran yang kini masih terus menduduki Wisma Negara tempatnya berkantor. Untuk sementara, dia akan berkantor di bandara internasional lama. (AFP/AP/dia/ami)

BANGKOK - Mantap sudah langkah Somchai Wongsawat sebagai perdana menteri (PM) terpilih Thailand. Sebab, Raja Bhumibol Adulyadej sudah memberikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News