Rajin Sikat Gigi, Tapi kok Tetap Bau Mulut?

Rajin Sikat Gigi, Tapi kok Tetap Bau Mulut?
Sikat gigi. Foto: pixabay

jpnn.com - Bagi setiap orang, memiliki kebiasaan menyikat gigi yang rutin sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk memiliki gigi yang bersih dan juga sehat. Tidak hanya itu, dengan rajin menggosok gigi bisa membuat napas menjadi lebih segar sehingga terhindar dari bau mulut.

Bau mulut, atau dalam istilah medis disebut dengan halitosis, merupakan rasa tidak sedap yang dapat berasal dari gigi, mulut, atau faktor lainnya. Kondisi ini dapat hilang, tapi bisa juga menetap di dalam mulut jika tidak dilakukan penanganan secara tepat. 

Lalu, bagaimana jika Anda sudah sering menggosok gigi, tapi bau mulut tetap ada? Apa yang menyebabkan hal ini?

Kenali penyebab bau mulut

Bau mulut yang tidak sedap memang dapat mengganggu orang lain dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Penyebab utama bau mulut sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi tersebut dapat dipicu oleh beberapa hal berikut ini:

Kesehatan mulut yang buruk

Jika kesehatan mulut Anda tidak terjaga, bakteri akan banyak bermunculan di mulut. Bakteri ini akan memecah partikel makanan yang terperangkap di dalam mulut dan gigi. Kombinasi antara bakteri dan sisa-sisa makanan inilah yang memunculkan bau mulut tak sedap.

Selain itu, gigi yang berlubang dan dibiarkan lama tanpa perawatan akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri sehingga juga dapat memicu bau mulut.

Kondisi ini dapat hilang, tapi bisa juga menetap di dalam mulut jika tidak dilakukan penanganan secara tepat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News