Rakornas Kepala BPSDM se-Indonesia, Waka BPIP: Bentuk karakter ASN Berakar Pancasila!

Rakornas Kepala BPSDM se-Indonesia, Waka BPIP: Bentuk karakter ASN Berakar Pancasila!
Wakil Kepala BPIP Karjono Atmoharsono (kanan) saat menjadi narasumber dalam Rakornas Kepala BPSDM se-Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (5/6). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Karjono Atmoharsono menyoroti pentingnya internalisasi nilai Pancasila dalam pengembangan kompetensi karakter kebangsaan Indonesia bagi aparatur sipil negara (ASN).

Hal itu disampaikan Waka BPIP saat menjadi narasumber dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) se-Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Senin (5/6).

Karjono menegaskan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa tidak hanya terbatas pada pengembangan aspek intelektual semata, tetapi juga melibatkan pembentukan karakter yang kuat dan berakar pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Rakornas Kepala BPSDM se-Indonesia, Waka BPIP: Bentuk karakter ASN Berakar Pancasila!

Rakornas Kepala BPSDM se-Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (5/6). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

Dia menyampaikan dalam pembukaan UUD 1945 secara tegas menyatakan bahwa tujuan negara Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Sebagai bagian dari upaya mencapai tujuan tersebut, pendidikan harus fokus pada pembentukan karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila,” kata Karjono.

Menurut Karjono, hal ini akan membantu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta membangun fondasi kuat untuk masa depan yang lebih baik.

Dia pun menekankan langkah konkret yang diambil dalam rangka pembangunan karakter bangsa berlandaskan nilai Pancasila dengan dilaksanakannya Diklat PIP (Pembinaan Ideologi Pancasila) bagi para ASN.

Waka BPIP Karjono Atmoharsono menekankan pentingnya membentuk karakter ASN yang kuat dan berakar pada nilai-nilai Pancaasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News