Rakyat Makin Cerdas

Oleh: Said Abdullah - Ketua DPP PDI Perjuangan

Rakyat Makin Cerdas
Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - Idealnya pemilu berlangsung damai dan menyenangkan. Menjadi sarana rakyat menggunakan hak politiknya dengan cermat dan pertimbangan matang.

Namun, kita perlu waspada dengan jargon pemilu damai dan riang gembira.

Sebab di balik jargon pemilu damai dan riang gembira itu terkandung muslihat, sebagai tirai untuk membungkus segala kecurangan sistematis.

Jargon pemilu damai dan bergembira ria sarana canggih untuk menutup potensi kritis rakyat atas penyelenggaraan pemilu yang cacat.

Saya utarakan hal ini bukan berarti tidak setuju pemilu damai dan bergembira ria.

Seratus persen saya setuju pemilu perlu damai dan bergembira ria. Namun, syarat itu saja tidak cukup, justru syarat pemilu demokratis terjadi bila semua kontentan diperlakukan sama dan adil.

Alat-alat negara duduk pada porsinya. Sebab pemilu adalah gelanggang kompetisi bagi masyarakat sipil, partai-partai, kandidat capres dan cawapres, caleg, dan para pemilih.

Perlakuan adil dan setara, netralitas aparat negara, penyelenggara yang profesional dan imparsial harus kita maknai sebagai syarat objektif pemilu damai dan riang gembira.

Pemilu idealnya berlangsung damai dan menyenangkan. Menjadi sarana rakyat menggunakan hak politiknya dengan cermat dan pertimbangan matang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News