Ralat Soal UN Ada Nama Jokowi di Hampir Semua Provinsi

Ralat Soal UN Ada Nama Jokowi di Hampir Semua Provinsi
Ralat Soal UN Ada Nama Jokowi di Hampir Semua Provinsi

jpnn.com - JAKARTA - Diralatnya soal Ujian Nasional (UN) SMP Bahasa Indonesia yang memuat nama calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) terjadi hampir di semua provinsi.

Menurut Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti, mulanya laporan hanya masuk dari Provinsi Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Banten.

Namun, Senin (5/5) sore, FSGI mendapati data bahwa surat edaran berupa petunjuk pengawas ruang tersebut ditujukan untuk soal-soal UN di provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta.

Kemudian untuk DI Yogjakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, NTB, Kalbar, Kalsel, Kalimantan Tengah, Kaltim, Kalimantan Utara, Sulut, Sulawesi tengah, Sulbar, Sulsel, Sulawesi tenggara, dan Gorontalo.

Artinya, sebaran soal UN yang memuat nama Jokowi ada di semua daerah ini. "FSGI menerima salinan petunjuk untuk pengawas ruang via fax. Petunjuk terdiri atas 8 point dan pada point 6 terdapat 6 item, sedangkan point 7 memiliki 3 item," kata Retno, Senin (5/5).

Selain itu, FSGI juga menemukan bahwa soal Bahasa Indonesia nomor 1-12 dan 39-50 yang berada di amplop terpisah (yang tanpa segel) setelah d lakukan pengecekan dari beberapa daerah menunjukkan bahwa soal dengan nomor itu sama di hampir semua provinsi tersebut.

"Ternyata soal nomor 1-12 dan 39-50 yang terpisah amplop ternyata soalnya sama, tidak ada perbedaan. Perbedaan 20 tipe soal hanya terjadi pada soal nomor 13-38," jelasnya.
 
Ditegaskan, bagi FSGI kasus temuan di hari pertama UN SMP ini makin menunjukkan bahwa Kemendikbud memang tidak profesional dalam menyelangaraan UN.

"Soal UN SMP pelajaran bahasa Indonesia juga diragukan validitas dan kerahasiaannya," tandas Retno. (fat/jpnn)

JAKARTA - Diralatnya soal Ujian Nasional (UN) SMP Bahasa Indonesia yang memuat nama calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News