Ramadan, BNPB Bantu Rp 1,4 M untuk Pengungsi Sinabung

Ramadan, BNPB Bantu Rp 1,4 M untuk Pengungsi Sinabung
Gunung Sinabung erupsi. Foto: Posmetro Medan/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan perhatian khusus untuk bulan ramadan ini kepada para warga yang baru diungsikan akibat erupsi Gunung Sinabung.

Deputi Bidang Penanggulangan Darurat BNPB Tri Budiarto mengatakan, pihaknya memberikan bantuan sebesar Rp 1,4 miliar untuk uang makan satu bulan.

"BNPB membantu Pemkab Karo untuk uang makan 30 hari, sebesar Rp 1,4 miliar, sekedar untuk membeli makan, minuman, mie instan. Harapannya agar warga tetap tenang menyambut puasa ini," ujar Tri Budiarto kepada JPNN kemarin (17/6).

Dikatakan, uang itu sekedar membantu Pemkab Karo dalam menangani para pengungsi. "Bantuan dari masyarakat juga ada, jadi ini BNPB sifatnya hanya membantu saja," imbuhnya.

Tri juga membeber angka-angka jumlah warga yang diungsikan hingga 15 Juni, yang totalnya mencapai sekitar 10.300 jiwa.

"Kalau ada beda angka dengan daerah, itu biasa, karena bisa saja pengungsi itu datang dan pergi," ujar Tri.

Sebelumnya disebutkan BNPB, pengungsi akibat erupsi Sinabung yang terbaru, berasal dari Desa Guru Kinayan, Tiga Pancur, Pintu Besi, Sukanalu, dan Berastepu.

Sementara, untuk para pengungsi akibat erupsi yang lama, saat ini pembangunan rumah hunian sudah hampir kelar 128 unit. "Ditargetkan 128 unit ini selesai bulan ini dan diharapkan bisa untuk menampung warga dari tiga desa," ungkapnya.

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan perhatian khusus untuk bulan ramadan ini kepada para warga yang baru diungsikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News