Ramadhan, BI Kucurkan Rp 31 Triliun

Ramadhan, BI Kucurkan Rp 31 Triliun
Ramadhan, BI Kucurkan Rp 31 Triliun
JAKARTA - Kebutuhan uang kartal di masyarakat pada periode Ramadhan dan Lebaran selalu meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Bank Indonesia (BI) mengucurkan dana hingga puluhan triliun Rupiah.

Kepala Biro Humas BI Difi A. Johansyah mengatakan, sepanjang Ramadhan hingga 2 September lalu, BI terus menyalurkan uang kartal melalui kas keliling maupun perbankan nasional. "Total outflow (uang keluar dari kas BI, Red) mencapai Rp 31 triliun," ujarnya melalui email kepada Jawa Pos, Senin (6/9).

Difi menyebut, dana sebesar Rp 31 triliun tersebut terdiri dari uang pecahan besar senilai Rp 26 triliun dan uang pecahan kecil Rp 5 triliun. Uang pecahan besar adalah Rp 20.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000. Adapun uang pecahan kecil adalah mulai Rp 10.000 ke bawah. "Termasuk pecahan uang logam," katanya.

Menurut Difi, dari total dana tersebut, sebagian besar diserap di wilayah Jabodetabek. "Jumlahnya mencapai Rp 13,8 triliun, terdiri dari uang pecahan besar Rp 12,1 triliun dan uang pecahan kecil Rp  1,7 triliun," katanya. Sisanya, diserap oleh wilayah-wilayah lain di seluruh Indonesia.

JAKARTA - Kebutuhan uang kartal di masyarakat pada periode Ramadhan dan Lebaran selalu meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Bank Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News