Ramalan Presdir BCA Terkait Perekonomian Indonesia 2021, soal NPL hingga Kredit, Begini...

Ramalan Presdir BCA Terkait Perekonomian Indonesia 2021, soal NPL hingga Kredit, Begini...
BCA membeberkan prediksi soal pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja membeberkan prediksinya pada perekonomian Indonesia 2021.

Jahja memperkirakan ekonomi Indonesia pada 2021 akan tumbuh 3,7 persen seiring dengan pengetatan mobilitas masyarakat karena eskalasi kasus baru Covid-19.

"Untuk GDP (Gross domestic product/PBD, red) kami internally prediksi mungkin bisa di bawah 4 persen. Tadinya kami optimis itu bisa lebih dari 4 persen, bisa capai 5 persen mungkin. Tetapi dengan kejadian seperti ini, rasanya lebih berat untuk kami mencapai GDP growth yang tinggi. Kami perkirakan mungkin 3,7 persen kira-kira," ujar Jahja saat jumpa pers daring di Jakarta, Kamis.

Oleh karena itu, Jahja pun memperkirakan rasio kredit bermasalah atau NPL perseroan kemungkinan akan sedikit meningkat.

Kendati demikian, Jahja mengapresiasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan pemerintah guna menekan kenaikan jumlah kasus positif Covid-19.

Menurut Jahja, kebijakan PPKM suka tidak suka memang harus diterapkan.

"Kami tidak menyalahkan siapa-siapa, kondisi Covid-19 ini menyeramkan dan memang kita harus dikendalikan, terutama korban-korban yang terkena Covid-19. Karena ini nyawa manusia yang harus kita perhitungkan, sangat penting untuk mengendalikan," kata dia.

Jahja menyebut sebelumnya kredit konsumer perseroan mulai meningkat dalam bentuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja membeberkan prediksinya pada perekonomin Indonesia 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News