Rancang Bangun Bandara di Karawang

Rancang Bangun Bandara di Karawang
Rancang Bangun Bandara di Karawang

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan beberapa alternatif untuk mengurangi kepadatan Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng.

Salah satunya yakni mengalihkan sebagian penerbangan komersial ke Bandara Halim Perdanakusuma mula 10 Januari 2014.

"Ini termasuk langkah jangka pendek, ini mau tidak mau harus kita lakukan," ucap Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/1).

Sementara untuk jangka menengah, pihaknya meminta AP II menyelesaian pembangunan Terminal III di Bandara Soetta. Pasalnya, Terminal III baru rampung pada tahun 2015. "Tahun 2015 terminal III nanti baru selesai, nanti setelah itu ditambah lagi kereta api beroperasi," terangnya.

Dia juga berharap Bandara Soetta menambah satu runway lagi. Mengingat saat ini navigasi di Soetta sudah siap. "Kalau bisa airport Soetta tambah satu runway lagi, tapi saat ini masih terkendala oleh lahan, tapi sudah kita kaji," jelas Mangindaan.

Sementara untuk jangka panjang, lanjut Mangindaan, Kementerian Perhubungan telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Jawa Barat untuk membangun Bandara di Karawang.

"Karawang akan kami jadikan airport, kalau sudah tidak ada masalah dengan perizinan di sana," tutupnya. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan beberapa alternatif untuk mengurangi kepadatan Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Cengkareng.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News