Rano Janji Akan Bangun Islamic Center di Banten

Rano Janji Akan Bangun Islamic Center di Banten
Rano Karno. FOTO: Dok. Fajar.co.id

jpnn.com - jpnn.com - Banten dikenal sebagai salah satu daerah religi. Banten juga terkenal dengan sebutan daerah santri dan Kiai. Karena itu, sudah selayaknya Banten memiliki Islamic Center sebagai pusat kajian, dakwah dan pembelajaran. Dengan begitu Banten memiliki simbol sebagai Identitas Islam di Banten.

Hal tersebut disampaikan Calon Gubernur Banten Nomor urut 2 Rano Karno dalam agenda blusukan di Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang, tepatnya di Desa Kedaung, Senin (16/1).

Menurut Rano, gagasan tersebut sudah disampaikan dan ditumpahkannya dalam rencana pembangunan Provinsi Banten setelah ia dilantik menjadi Gubernur Banten pada Agustus 2015.

“Saya rasa Banten harus punya ya, karena ini sebagai simbol kebudayaan dan saya rasa kebanggaan warga Banten," jelas Rano seperti rilis yang diterima Selasa (17/1).

Rano menambahkan Identitas Banten sebagai kota ulama sangat kental terlebih telah lahir sosok-sosok ulama kharismatik. Salah satu yang terkenal adalah Syeh Nawawi Al-Bantani yang karyanya dikenal di dunia. "Bahkan karyanya menjadi referensi ulama dan pelajar di dunia," terang Rano.

Islamic Center itu, menurut Rano harus menjadi pusat peradaban Islam yang berisi beragam kegiatan keislaman.

"Tentu masyarakat pengen tahu karya-karya Kitab Syeh Nawawi, kita tampilkan di situ. Kemudian karangan-karangan ulama Banten lainnya sehingga kita bisa menjadi pusat pembelajaran Islam," jelas Rano.

Rano berharap dengan Islamic Center bisa menjadi spirit dalam pembangunan provinsi Banten dalam membangun manusianya. Rano mengungkapkan pihaknya sudah menginisiasi bertemu dengan arsitek terkemuka di nusantara agar bisa membantu design pembangunan Islamic Center ini.

Banten dikenal sebagai salah satu daerah religi. Banten juga terkenal dengan sebutan daerah santri dan Kiai. Karena itu, sudah selayaknya Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News