Rapor Korps Reserse Masih Paling Bawah

Rapor Korps Reserse Masih Paling Bawah
Rapor Korps Reserse Masih Paling Bawah
JAKARTA - Korps reserse di kepolisian masih harus berbenah. Penilaian publik terhadap satuan berlambang busur panah terentang ke atas ini masih negatif. Selama dua tahun berturut-turut (2010 dan 2011) kinerja reserse dinilai masih paling jelek dibanding satuan lain.

   

"Reserse belum banyak berbenah. Masih banyak tebang pilih kasus dan tidak transparan di penyidikan perkara," ujar Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta Sanusi Pane di Jakarta, Senin (26/12). Pada 2010, IPW juga memberi angka merah pada rapor reserse.

   

Penulis buku Jangan Bosan Kritik Polri ini memaparkan, reserse Polri masih bekerja dengan pola lama, yaitu bersikap diskriminatif dalam penanganan kasus.  Menurut dia, Polri justru cepat menangani kasus yang melibatkan masyarakat bawah, sementara kasus yang melibatkan tokoh atau pejabat negara cenderung lamban diusut.

"Proses reformasi reserse Polri masih berjalan lamban. Contohnya, orang kecil dengan kasus kecil sangat cepat ditangani polisi, sedangkan orang besar dengan kasus besar sangat lamban diproses polisi," kata aktivis asal Medan ini.

     

JAKARTA - Korps reserse di kepolisian masih harus berbenah. Penilaian publik terhadap satuan berlambang busur panah terentang ke atas ini masih negatif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News