Ratus Vagina Bisa Picu Keputihan?

Ratus Vagina Bisa Picu Keputihan?
Ilustrasi. MS V. Foto Women Health

jpnn.com - Di antara sekian pilihan metode perawatan daerah kewanitaan, ratus vagina menjadi salah satu yang paling populer. Ini karena metode tersebut dipercaya bisa membantu mengatasi masalah terkait menstruasi, mengencangkan otot vagina yang kendur, bahkan membantu meningkatkan kesuburan.

Namun di balik itu, ratus vagina juga dituding dapat menyebabkan terjadinya keputihan tidak normal. Benarkah ini?

Bagi yang belum tahu, ratus vagina merupakan perawatan daerah kewanitaan secara tradisional menggunakan metode pengasapan secara langsung ke dalam vagina. Bahan yang digunakan untuk proses pengasapan tersebut biasanya terdiri dari rempah alami, seperti kunyit, bunga mawar, temulawak, pala, dan sejenisnya.

Prosedur ratus vagina dilakukan dengan ‘memasak’ bahan-bahan herbal tersebut menggunakan panci hingga mengeluarkan asap. Kemudian, di atas panci tersebut diletakkan kursi dengan dudukan berlubang agar asap hasil pembakaran bahan herbal bisa menjangkau vagina secara langsung. Setelah itu, wanita diminta untuk duduk di kursi yang telah disediakan selama kurang lebih tiga puluh menit.

Manfaat ratus vagina.

Ratus vagina dikatakan bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, memberikan kesegaran area kewanitaan, membantu meredakan nyeri pre-menstruasi, dan merelaksasi otot panggul. Di samping itu, metode ini juga diyakini sangat ampuh untuk membersihkan, mengharumkan, serta menjaga daerah kewanitaan tetap awet muda.

Namun, sederat manfaat ratus vagina di atas masih belum terbukti secara pasti. Ini karena belum ada penelitian yang membuktikan manfaat dari ratus vagina itu sendiri. Justru, metode ini dapat mengancam kesehatan vagina Anda.

Ratus vagina dan keputihan.

Ratus dipercaya bisa membantu mengatasi masalah menstruasi, mengencangkan otot vagina yang kendur. Namun benarkan hal ini justru bisa membahayakan?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News