Ratusan Hewan Kurban Diperiksa, Ada yang Sakit Mata dan Mencret

Ratusan Hewan Kurban Diperiksa, Ada yang Sakit Mata dan Mencret
Ratusan Hewan Kurban Diperiksa, Ada yang Sakit Mata dan Mencret. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - SERANG - Belasan hewan kurban ditemukan terkena penyakit mata. Temuan ini setelah petugas dari Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Serang memeriksa lapak penjual hewan kurban di wilayah Kota Serang, Senin (14/9).

“Ada sekitar 11 ekor hewan kurban yang ditemukan sedang sakit mata, dua ekor mencret, penyakit mulut atau ores, satu ekor dan satu ekor luka terkena bambu,” ungkap Kepala Bidang Peternakan DPKP Kota Serang Siswati dilansir Radar Banten (Grup JPNN.com).

Siswati menjelaskan, jumlah hewan kurban yang diperiksa pada hari pertama ini dilakukan pada 879 ekor, yang terdiri dari kerbau 70 ekor, domba 709 ekor, kambing 16 ekor, dan sapi berjumlah 84 ekor.

“Tentunya kami menyarankan kepada para penjual hewan kurban, khusus hewan yang berpenyakit, untuk tidak dijual, tapi diobati terlebih dahulu,” jelasnya.

Kendati demikian, Siswati mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya, hewan kurban yang tersedia di lapak-lapak pedagang tergolong aman dan layak dipotong.  Dia juga menjelaskan, penyakit yang dialami oleh hewan tersebut disebabkan oleh cuaca buruk, yang berpengaruh pada pakan.

“Pemeriksaan ini akan terus kami lakukan sampai sehari menjelang lebaran. Setelah usai pemeriksaan, kami menempelkan pamflet yang menandakan lapak tersebut sudah diperiksa,” kata Siswati.(radarbanten/jpnn)

 


SERANG - Belasan hewan kurban ditemukan terkena penyakit mata. Temuan ini setelah petugas dari Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News