Ratusan Kota Diganjar Penghargaan dari KLH

Ratusan Kota Diganjar Penghargaan dari KLH
Ratusan Kota Diganjar Penghargaan dari KLH

jpnn.com - JAKARTA - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) memberikan penghargaan bagi daerah yang telah berprestasi di bidang lingkungan hidup yaitu penghargaan Adipura, Kalpataru, Adiwiyata Mandiri serta Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Kamis (5/6).

"Kementerian Lingkungan Hidup atas nama pemerintah menyampaikan penghargaan kepada individu, kelompok, maupun perwakilan pemerintah daerah yang telah berprestasi di bidang lingkungan hidup," ujar Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya dalam laporan yang dibacakan di hadapan pada Wapres.

Menurut Balthasar, tahun 2014 ini program Adipura melakukan evaluasi terhadap kinerja kebersihan dan keteduhan lingkungan perkotaan terhadap 373 kabupaten/kota. Dari total tersebut, jumlah penerima penghargaan Adipura Kencana sebanyak 15 kota, Adipura 86 kota, Piagam Adipura 32 kota, dan Plakat Adipura untuk sarana dan prasarana terbaik 32 kota.

Sementara itu, penghargaan Kalpataru diberikan kepada orang atau kelompok masyarakat yang telah melakukan upaya penyelamatan lingkungan hidup secara berlanjut. Tahun ini penghargaan Kalpataru diberikan pada 13 orang/kelompok.

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kemendikbud memberikan penghargaan kepada sekolah berbudaya lingkungan melalui program Adiwiyata yang hingga tahun 2014 diikuti oleh 6.357 sekolah.

"Tahun ini Dewan Pertimbangan Adiwiyata menetapkan peraih penghargaan Adiwiyata Mandiri pada 44 sekolah dari 10 provinsi," sambung Balthasar.

Balthasar juga memberi evaluasi terhadap laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) yang dilakukan untuk mendorong pemerintah daerah melaporkan kondisi lingkungan hidupnya. Tahun ini, penyusun SLHD tahun 2013 terbaik diperoleh tiga provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi dan Jawa Timur. Untuk kategori kabupaten/kota diberikan pada Kabupaten Dharmasraya, Kota Padang dan Kota Sungai Penuh.(flo/jpnn)


JAKARTA - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) memberikan penghargaan bagi daerah yang telah berprestasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News