Ratusan Penyu Terdampar di Kawasan Eks Lokalisasi

Ratusan Penyu Terdampar di Kawasan Eks Lokalisasi
Ratusan Penyu Terdampar di Kawasan Eks Lokalisasi
BANDARLAMPUNG – Ratusan ekor tukik (anak) penyu sisik (eretmochelys imbricata) terdampar di Pantai Teluk Harapan, Panjang Selatan. Sayang, hanya 25 ekor tukik yang mampu diselamatkan dan ditangkar pada tempat penangkaran sementara di Kelompok Nelayan Bahari Mandiri Teluk Harapan, yang berada di Jalan Selat Malaka 3. No.52, Panjang Selatan.

Untuk diketahui, penyu sisik (Eretmochelys imbricata) adalah jenis penyu yang terancam punah, yang termasuk ke dalam famili Cheloniidae. Ia adalah satu-satunya spesies dalam genusnya. Spesies ini memiliki distribusi di seluruh dunia, dengan dua subspesies di Atlantik dan Pasifik. E. Imbricata Imbricata adalah subspesies di Atlantik. Sedangkan E. Bissa Imbricata adalah subspesies di wilayah Indo-Pasifik

Buyung Ridwan, Comunity Organizer LSM Mitra Bentala untuk wilayah Panjang mengatakan, ratusan ekor tukik penyu sisik tersebut terbawa arus angin barat serta tumpukan sampah dari laut Teluk Lampung sehingga terdampar di kawasan eks lokalisasi itu.

’’Sebenarnya sudah terdampar sejak pekan lalu, tetapi banyak dari tukik-tukik itu mati terkena limbah atau ditangkap lalu kemudian dijual, sehingga sedikit yang berhasil diselamatkan,’’ jelas Buyung, seperti diberitakan Radar Lampung (Grup JPNN).

BANDARLAMPUNG – Ratusan ekor tukik (anak) penyu sisik (eretmochelys imbricata) terdampar di Pantai Teluk Harapan, Panjang Selatan. Sayang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News