Ratusan Perempuan Nigeria Gabung Milisi Pembasmi Boko Haram

Ratusan Perempuan Nigeria Gabung Milisi Pembasmi Boko Haram
Sekitar 100 perempuan Nigeria bergabung dengan milisi C-JTF dalam upaya membasmi Boko Haram. Foto: Aljazeera

jpnn.com, ABIJAN - Komi Akaji tak akan pernah melupakan kejadian pada November 2015. Dalam dua hari, Boko Haram merenggut dua orang yang dikasihinya. Akaji pun ingin berjuang melawan Boko Haram.

Teman-teman Kaje yang senasib memiliki pemikiran serupa. Mereka bergabung dengan Civilian Joint Taskforce (C-JTF), kelompok sipil bersenjata yang mendukung operasi militer Nigeria.

Dilansir Al Jazeera, dulu C-JTF hanya beranggota pria. Namun, kini ada 100 perempuan. Mereka bertugas memeriksa para perempuan di pos-pos pemeriksaan di pasar, rumah sakit, sekolah, dan tempat-tempat lainnya yang kerap jadi sasaran bom bunuh diri.

BACA JUGA: Ratusan Gadis Chibok Korban Boko Haram Masih Hilang

Boko Haram kerap menjadikan perempuan dan anak-anak sebagai pelaku bom bunuh diri. Selama ini mereka selalu lolos. Laki-laki tidak bisa memeriksa perempuan karena alasan budaya dan agama. Berkat perempuan di C-JTF, banyak kasus bom bunuh diri dapat digagalkan. (sha/c10/dos)


Komi Akaji tak akan pernah melupakan kejadian pada November 2015. Dalam dua hari, Boko Haram merenggut dua orang yang dikasihinya. Akaji pun ingin berjuang melawan Boko Haram.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News