Ratusan Sapi di Takalar Positif Antraks

Ratusan Sapi di Takalar Positif Antraks
Ratusan Sapi di Takalar Positif Antraks
TAKALAR - Lebih seratus ekor sapi dan kerbau di dua desa di Takalar ditemukan terjangkit antraks. Sapi dan kerbau tersebut mengalami kejang-kejang kemudian mati. Kasus ini ditemukan di Desa Laikang dan Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Takalar, Sulawesi Selatan.

Penyakit antraks ini ditemukan setelah melalui uji laboratorium Balai Besar Veteriner Maros. Hasil uji itu menunjukkan adanya kandungan bakteri penyebab anthraks atau bacillus sp dalam sampel limpa dan darah ternak.

Dalam dua bulan terakhir, lebih dari 170 ekor sapi dan kerbau tewas di kedua desa tersebut. Untuk itu, Pemkab Takalar telah menetapkan kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Pemerintah juga telah mengeluarkan surat edaran untuk mengisolasi ternak di kedua desa tersebut. Pemkab mengambil langkah tegas tersebut karena dikhawatirkan penyakit antraks ini dapat meluas ke desa lainnya.

TAKALAR - Lebih seratus ekor sapi dan kerbau di dua desa di Takalar ditemukan terjangkit antraks. Sapi dan kerbau tersebut mengalami kejang-kejang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News