Ratusan Siswa Komponen Cadangan Matra Laut Ikuti Pendididikan Dasar Militer

Ratusan Siswa Komponen Cadangan Matra Laut Ikuti Pendididikan Dasar Militer
Ratusan siswa Komponen Cadangan Matra Laut mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) di Komando Pendidikan Marinir Kodiklatal (Kodikmar Kodiklatal), Gunung Sari Surabaya pada Jumat (23/6/2023). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan siswa Komponen Cadangan Matra Laut penuh semangat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) di Komando Pendidikan Marinir Kodiklatal (Kodikmar Kodiklatal), Gunung Sari Surabaya.

Semangat tersebut ditunjukan melalui atraksi dan demonstrasi kemampuan dasar militer yang telah mereka peroleh  di hadapan Asisten Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut (Aspotmar KSAL) Mayjen TNI (Mar) Markos ketika melakukan Monitoring dan Evaluasi Latihan Dasar Militer Komcad Matra Laut tahun 2023 pada Jumat (23/6).

Hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah pejabat TNI AL di antaraya Dankodikmar Brigjen TNI Mar M Nadir, Paban II Spotmaral Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, Wadan Kodikamar Kolonel Mar Efhardian, Dansatgas Latsarmil Komcad Matra Laut TA 2023 Kolonel Mar Widoyono dan para pejabat Kodikmar.

Dalam kesempatan tersebut, Aspotmar KSAL menyampaikan Komponen Cadangan adalah sebuah pasukan cadangan militer terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil.

Dia mengatakan Komcad disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yakni TNI.

Hal tersebut dipertegas dengan PP Nomor 3 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 mengenai pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

“Komponen Cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida,” ujar Aspotmar KSAL.

Dalam kesempatan tersebut, Aspotmar KSAL berpesan kepada seluruh siswa Komcad Matra Laut selama melaksanakan Pendidikan tetap menjaga kesehatan, kekompakan dan semangat sampai dengan pelantikan nantinya.

Ratusan siswa Komponen Cadangan Matra Laut bersemangat mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News