RDM 2018: DPD RI Jembatani Kerja Sama Daerah - Luar Negeri

RDM 2018: DPD RI Jembatani Kerja Sama Daerah - Luar Negeri
Akhmad Muqowam. Foto: Humas DPD

jpnn.com, BALI - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Akhmad Muqowam mengatakan tujuan dari Regional Diplomatic Meeting (RDM) 2018 yang diselenggarakan oleh DPD RI adalah sebagai jembatan, agar hubungan kerja sama antara daerah dengan luar negeri terjalin selaras dengan hubungan diplomatik oleh pemerintah pusat.

"Peran DPD RI adalah menjembatani hubungan antara daerah dengan luar negeri sebagai bagian dari dukungan diplomasi Indonesia secara keseluruhan," ujar Muqowam saat memberikan pengantar dalam plenary meeting yang dihadiri para duta besar negara sahabat, gubernur dan perwakilan provinsi seluruh Indonesia di Ballroom Hotel Stones, Bali, Sabtu (8/12).

Muqowam menyampaikan bahwa ada tiga hal utama yang ingin dicapai dalam Plenary Meeting RDM 2018 ini; pertama, bisa berkomunikasi secara intensif dalam rangka saling memperkenalkan diri dan bertukar informasi mengenai potensi masing-masing.

Kedua, DPD RI berharap bahwa ada koordinasi antar semua stake holder sehingga kerjasama yang terbina mencerminkan kebersamaan dengan konsep membangun daerah dalam wadah NKRI, bukan ego sektoral atau ego antar pemerintahan.

"Untuk itulah kami mengajak Kementerian terkait agar terjadi koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sejak dari awal," kata senator dari Jawa Tengah sekaligus Wakil Ketua DPD RI.

Ketiga, dengan RDM 2018 diharapkan terwujud pemahaman bersama antara Pemerintah Daerah dan Perwakilan Negara-Negara Sahabat akan pentingnya komunikasi yang intens di antara semuanya untuk memanfaatkan keberadaan DPD RI dalam memfasilitasi dan mempererat hubungan antara Daerah dengan Luar Negeri dalam upayanya meningkatkan hubungan ekonomi.

Akhmad Muqowam berharap dalam kesempatan ini kementerian dapat memberikan masukan penguatan visi pemerintah mengenai pembangunan Daerah, dengan memanfaatkan kerjasama luar negeri. Demikian halnya dengan para Gubernur, agar memanfaatkan momen ini untuk memberikan informasi mengenai sektor unggulan yang akan mendapat prioritas untuk dikerjasamakan pada tahun 2019-2020.

"Kami mengharapkan kepada para Duta Besar yang hadir dalam forum ini, dapat menginformasikan kepada para calon investor di negara masing2 terkait potensi2 Daerah yang telah disampaikan oleh para Gubernur kemarin, untuk selanjutnya dapat ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama investasi yang saling menguntungkan," harap Muqowam.

DPD RI menggelar Regional Diplomatic Meeting (RDM) 2018 di Ballroom Hotel Stones, Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News