Ready Player One: Simbol Kebangkitan Steven Spielberg

Ready Player One: Simbol Kebangkitan Steven Spielberg
Sutradara Ready Player One, Steven Spielberg. Foto: AP

jpnn.com - Prediksi bahwa Ready Player One memuncaki box office akhir pekan Paskah dengan mudah menjadi kenyataan. Film besutan Steven Spielberg itu mengantongi USD 53,2 juta (sekitar Rp 731,4 miliar) di Amerika Utara saja.

Plus USD 128 juta (setara Rp 1,8 triliun) dari pasar internasional. Dengan begitu, secara global ia meraup USD 181,2 juta atau sekitar Rp 2,5 triliun.

Perolehan tersebut melampaui perkiraan kritikus. Awalnya, mereka menyebut film petualangan di dunia virtual reality itu maksimal meraih USD 42 juta (setara Rp 576,8 miliar) di Amerika Utara.

’’Kami sangat senang. Steven Spielberg adalah sutradara yang luar biasa. Tidak ada lagi yang bisa melakukan hal tersebut selain Steven,’’ kata Jeff Goldstein, kepala distribusi domestik Warner Bros sebagaimana dilansir Variety.

Salah satu pasar yang menyumbang pendapatan terbesar bagi Ready Player One adalah Tiongkok. Film yang diangkat dari novel Ernest Cline itu meroket dengan USD 61,7 juta (Rp 848,4 miliar) selama akhir pekan. Ia pun menjadi film Warner Bros dengan angka pendapatan akhir pekan terbesar di Tiongkok.

Di balik fakta tersebut, film itu menjadi simbol kebangkitan kembali Spielberg di box office. Kita mengenal sutradara 71 tahun tersebut dari karya-karya luar biasa.

Bukan saja sangat bagus dari segi artistik, tapi juga laris manis. Film-film seperti Jaws, E.T. the Extra-Terrestrial, hingga Jurassic Park memecahkan rekor-rekor box office.

Film terakhir Spielberg yang sangat sukses secara komersial adalah Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull (2008). Dibintangi Harrison Ford, installment terakhir Indiana Jones tersebut meraup USD 100,1 juta (Rp 1,4 triliun) pada pekan pembuka. Total, ia mengumpulkan lebih dari Rp 10 triliun.

Ready Player disebut sebagai simbol kebangkitan kembali Steven Spielberg di box office.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News