Realisasi Anggaran Kemenhub Semester I Melebihi Target

Realisasi Anggaran Kemenhub Semester I Melebihi Target
Gedung Kementerian Perhubungan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Realisasi anggaran 2017 Kementerian Perhubungan untuk semester I 2017 mencapai 27,12 persen, sementara target realisasi dalam DIPA sebesar 24,84 persen.

Realisasi ini lebih baik bila dibandingkan semester I 2016 yang mencapai 22,19 persen.

Hal ini disampaikan Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Gedung DPR RI, di Jakarta, Rabu (5/7) kemarin.

Budi menjelaskan mengapa semester I realisasi anggaran hanya ditargetkan hanya 24,84 persen. Hal tersebut karena 90 persen kegiatan baru selesai dilelang pada Maret 2017 atau 70 persen kegiatan baru dikontrakkan pada Maret 2017.

Budi juga menjelaskan upaya yang dilakukan untuk mencapai target realisasi anggaran 2017 sebesar 92 persen.

"Saya telah memberikan arahan untuk melakukan percepatan anggaran, seperti mendorong lelang tidak mengikat dengan nilai Rp 7,071 triliun atau sebesar 20,4 persen dari nilai kegiatan yang dikontrakkan dan menargetkan pada akhir Maret, kegiatan yang telah dikontrakan sebesar 70 persen atau kegiatan dilelangkan sebesar 90 persen," jelasnya.

Kemenhub juga telah mengoptimalisasi kegiatan yang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Seperti menyelenggarakan angkutan mudik gratis lebaran 2017, mengoperasikan Long Distance Ferry untuk mengurangi kepadatan lalu lintas angkutan barang, mengadakan kapal pelayaran rakyat, dan menggeser pembangunan bandara dari wilayah pesisir ke daerah pegunungan di Papua.

"Manfaat kegiatan ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," tambah Menhub.

Kemenhub sambung Budi, terus berupaya agar sasaran yang telah ditetapkan bisa tercapai, meski terdapat beberapa kendala yang sulit dihindarkan, khususnya terkait dengan kebutuhan anggaran, seperti halnya untuk memenuhi tercapainya sasaran pembangunan jalan kereta api.(chi/jpnn)


Realisasi anggaran 2017 Kementerian Perhubungan untuk semester I 2017 mencapai 27,12 persen, sementara target realisasi dalam DIPA sebesar 24,84


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News