Recharge iPad-Ponsel dengan Panas Tubuh

Recharge iPad-Ponsel dengan Panas Tubuh
Recharge iPad-Ponsel dengan Panas Tubuh
TOKYO - Sebuah terobosan dan penemuan baru berhasil mentransformasikan sumber tenaga listrik dengan memanfaatkan panas tubuh manusia. Dengan demikian, mengisi ulang (recharge) baterai telepon seluler (ponsel) serta iPad dan gadget pribadi lainnya tak perlu harus mencari colokan listrik.

Fujifilm Holding Corp. (Fujifilm), perusahaan optik dan gambar asal Jepang, berhasil mengembangkan sebuah film ringan yang bisa melekat pada kulit dan mengumpulkan energi panas yang berasal dari tubuh manusia untuk dikonversi menjadi tenaga listrik.

Perangkat (baca: film ringan) itu dinamai konverter thermoelektrik. Dengan perangkat tersebut, seseorang bisa mengisi ulang baterai smartphone miliknya saat berada di luar rumah. Yakni, dengan menggunakan energi atau panas tubuhnya. Perkembangan itu bisa mengakhiri metode tradisional penggunaan charger baterai dengan mengaitkannya pada colokan listrik.

Dengan bantuan panel surya agar konversinya lebih efektif, perangkat tersebut juga mampu mengisi ulang listrik untuk laptop dan eReader. Sebagai sumber energi bagi berbagai peralatan teknologi tinggi lain, konverter itu tentu diharapkan oleh penemunya bisa dipasang pada kulit para pasien untuk menghidupkan alat bantu medis yang mereka butuhkan.

 

TOKYO - Sebuah terobosan dan penemuan baru berhasil mentransformasikan sumber tenaga listrik dengan memanfaatkan panas tubuh manusia. Dengan demikian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News